Senin, 06 Mei 2013

Seni Lukis LOMBOK

Bangsa indonesia kuno dinilai memiliki sejarah dan peradaban yang tinggi, ini dapat dilihat dari peninggalan artifak bernilai yang dibangun selama berabad-abad oleh nenek moyang kita. Peninggalan-peninggalan itu tersebar di berbagai wilayah nusantara dan menjadi tanda kebudayaan yang berkembang dizamannya.
 Secara historis, seni lukis sangat terkait dengan gambar. Peninggalan-peninggalan prasejarah memperlihatkan bahwa sejak ribuan tahun yang lalu, nenek moyang manusia telah mulai membuat gambar pada dinding-dinding gua  untuk mencitrakan bagian-bagian penting dari kehidupan. Sebuah lukisan atau gambar bisa dibuat hanya dengan menggunakan materi yang sederhana seperti arang, kapur, atau bahan lainnya. Salah satu teknik terkenal lukisan  prasejarah yang dilakukan oleh orang-orangnya adalah menempelkan tangan di dinding gua, lalu menyemburnya dengan kunyahan dedaunan atau batu mineral berwarna.
Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang terdiri dari Pulau Lombok dan Sumbawa merupakan bagian gugusan pulau di wilayah kepulauan Nusa Tenggara yang sangat kaya akan seni budaya yang khas dan unik. Selain dikenal karena berbagai upacara adatnya yang khas, provinsi NTB juga dikenal memiliki potensi yang sangat besar dalam bidang seni kerajinan dan seni lukis.
Salah satu produk kerajinan khas NTB yang kini sudah mulai banyak dikenal kalangan pecinta barang seni dan produk kerajinan adalah kerajinan tirai bambu  Lombok yang terbuat dari bahan baku bambu. Seni kerajinan anyaman bambu, menghasilkan berupa barang kerajinan yang sangat artistik dan indah disamping itu mempunyai pungsi ganda yaitu sebagai penahan trik matahari dan sebagi hiasan.
Sentuhan bahan pewarna seperti cat di komponen bahan bakunya yang tidak biasa digunakan untuk melukis semakin menambah nilai keunikan dari karya seni tersebut. Tidak mengherankan apabila kalangan pecinta barang kerajinan dan barang seni selalu memburu barang kerajinan yang dijadikan media lukis oleh Drs. Sumarti itu.
Perkembangan zaman belum tentu selalu meninggalkan produk hasil perkembangan tempo dulu. Kerajinan bambu salah satunya.Dengan semakin meningkatnya berbagai macam jenis bahan material dan bentuknya, ternyata tidak serta merta mengurangi minat masyarakat akan produk warisan zaman dulu, contohnya adalah kerajinan dari bambu yang di kemas menjadi tirai. Dengan kemajuan yang ada tersebut ternyata produk kerajinan dengan bahan baku bambu masih memiliki peminat yang cukup banyak. Misalnya tirai yang merupakan anyaman bambu baik dengan dilukis atau polos menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang tertentu untuk menggunakannya sebagai penahan trik matahari dan sebagi hiasan dinding.
           Drs. Sumar, laki-laki paruh baya ini telah menggeluti usaha melukis  tirai bambu dengan media cat kayu (radja lux) di atas permukaan tirai, sejak duduk di bangku SMU hingga kini, usahanya ini bertempat di Dusun  Mercapada, Desa Selat, Kecamatan Narmada,Lombok,NTB, tempat kelahirannya.
Dengan adanya pesanan ataupun tidak adanya pesanan, Drs. Sumarti rutin berproduksi dengan dibantu beberapa  orang di kampong tempat dia tinggal. Tirai-tirai yang Drs, sumarti lukis  pemasarannya bukan hanya di daerah Lombok saja tapi  Sumbawa dan Bima juga sebagai peminat tirainya  Drs Sumarti.
 Untuk menghasilkan satu buah tirai ukuran (2 x3) m bisa melibatkan 3 orang dan memerlukan waktu produksi beberapa hari. Bahan baku beliau datangkan dari hutan Sesaot masih di sekitar Kecamatan Narmada, namun tidak jarang mengambil bambu yang ada di sekitar rumahnya atau kampungnya. Dalam sekali ambil, Drs. Sumar biasanya membeli 250 batang bambu dengan harga per batangnya Rp.10.000,00 sampai 15.000,00.
Dari uraian yang telah disampaikan,penulis tertarik untuk melakukan penelitian terhadap Alam Narmada sebagai tema lukisan pada  tirai bambu karya Drs. Sumarti di Dusun Mercapada, Desa Selat, Narmada, Lombok,  NTB. Alasan penulis memilih objek penelitian tersebut karena ,ingin tahu lebih dalam kenapa objek lukisan Drs. Sumarti hanya Alam Narmada saja tidak yang lainnya.

Pengertian tirai 

Tirai adalah suatu benda yang difungsikan sebagai latar belakang penutup atau pelindung suatu benda yang akan dilindungi dari terik matahari dan  hujan supaya benda tersebut menjadi awet dan tahan lama (tidak cepat rusak)

Kaitannya dengan tirai Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang terdiri dari Pulau Lombok dan Sumbawa merupakan bagian gugusan pulau di wilayah kepulauan Nusa Tenggara yang sangat kaya akan seni budaya yang khas dan unik. Selain dikenal karena berbagai upacara adatnya yang khas, provinsi NTB juga dikenal memiliki potensi yang sangat besar dalam bidang seni kerajinan dan seni lukis.
Salah satu produk kerajinan khas NTB yang kini sudah mulai banyak dikenal kalangan pecinta barang seni dan produk kerajinan adalah kerajinan tirai bambu  Lombok yang terbuat dari bahan baku bambu. Seni kerajinan anyaman bambu, menghasilkan berupa barang kerajinan yang sangat artistik dan indah disamping itu mempunyai pungsi ganda yaitu sebagai penahan trik matahari dan sebagi hiasan.












3 komentar:

  1. anak muda sekarang jarang ada yg mau terjun di bidang kerajinan, tamat sekolah mereka hnya mercari kerja di Pabrik ato Toko, mall, Alpamart dll.

    BalasHapus
  2. LUAR BIASA KREATIF DAN SANGAT JENIUS

    BalasHapus